tips fotografi indoor

5 Tips Fotografi Indoor untuk Hasilkan Foto Terbaik

Sebagai seorang pebisnis online yang hendak mempromosikan produknya ke media sosial atau Marketplace tentunya foto produk merupakan komponen yang paling penting untuk menjadi bahan promosi tersebut. 

Foto produk yang dihasilkan harus bisa menarik pelanggan, selain harus menarik, foto tersebut juga harus memuat detail yang serupa dengan produk yang dijualkan, seperti warna dan ukuran. Jangan sampai agar foto terlihat bagus, kamu menggunakan beberapa filter sehingga warna yang dihasilkan tidak sama dengan produk yang kamu jualkan. 

Nah, dalam artikel ini akan membahas dan memberikan tips menghasilkan foto indoor terbaik. Kenapa tips fotografi indoor? Karena menurut sebagian banyak orang teknik fotografi indoor lebih susah dibandingkan dengan foto di luar ruangan. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Video di HP yang Mudah untuk Kamu Gunakan

Cahaya yang minim menjadi faktor utama kenapa fotografi indoor dibilang lebih susah. 

Namun jangan khawatir, yuk kita bahas tips fotografi indoor di artikel ini sampai selesai! 

5 Tips Fotografi Indoor untuk Pemula 

  1. Memanfaatkan Jendela
    tips fotografi indoor
    Tips fotografi indoor yang pertama adalah dengan cara memanfaatkan jendela. Karena foto di dalam ruangan tidak mendapatkan cahaya alami secara langsung, sehingga dengan memanfaatkan jendela inilah bisa sebagai pemancar cahaya dari luar masuk ke dalam ruangan. Memang jika kurang pencahayaan bisa disiasati dengan menggunakan flash kamera, namun hasil yang didapat akan jauh lebih halus jika menggunakan cahaya alami yang natural. 
  2. Hindari Overhead Lighting
    tips fotografi indoor
    Menggunakan cahaya langsung dari atas objek atau overhead lighting malah akan membuat hasil fotomu memburuk karena akan menimbulkan suatu bayangan dan menjadi tidak enak untuk dilihat. Maka dari itu hindari overhead lighting atau kamu bisa siasati dengan memberikan jarak antara cahaya dengan objek, sehingga hasil foto akan lebih baik. 
  3. Menggunakan Tripod
    tips fotografi indoor
    Tripod memang salah satu aksesoris yang paling dibutuhkan dalam fotografi, baik indoor maupun di luar ruangan. Namun kebanyakan alat ini dibutuhkan untuk di luar ruangan, akan tetapi untuk mengambil foto di dalam ruangan juga memungkinkan membutuhkan tripod. Selain dapat membuat kamera lebih stabil, menggunakan tripod juga dapat membantu kamu untuk mengeksplor eksposur lebih jauh dalam mengatur pencahayaan yang kurang bagus. 

    Dengan menggunakan tripod kamu juga bisa in frame dengan objek atau produk yang akan kamu promosikan.

  4. Menggunakan Reflektor
    tips fotografi indoor
    Reflektor merupakan suatu alat yang dapat memantulkan cahaya. Karena masalah utama fotografi indoor adalah pencahayaan yang minim, maka penggunaan reflektor akan sangat membantu untuk menghasilkan foto indoor yang lebih baik. Jika kamu tidak memiliki alat ini kamu bisa juga untuk menyiasatinya dengan benda apapun dengan permukaan putih polos. 
  5. Atur Sumber Cahaya
    tips fotografi indoor
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cahaya merupakan komponen yang paling penting dalam fotografi indoor. Meskipun fotografi indoor minim cahaya, namun tidak memungkinkan mendapatkan banyak pilihan sumber cahaya untuk mendukung dalam pengambilan suatu objek. Hati-hati dalam menggunakan sumber cahaya di dalam ruangan, meskipun cahaya di dalam ruangan minim jangan gunakan semua sumber cahaya yang ada. Karena lebih banyak sumber cahaya belum tentu akan lebih baik juga. Dengan jendela terbuka dan lampu yang menyala, cahaya alami dan artifisial yang menerpa objek jadi bercampur aduk dan hasilnya jadi makin sulit untuk memproses white balance. Maka dari itu penting untuk mengatur cahaya dan pilih salah satu saja yang dijadikan sumber cahaya. 

Nah, itu dia 5 tips fotografi indoor terbaik yang bisa kamu coba, agar foto produk kamu terlihat  lebih maksimal meskipun pengambilan fotonya dilakukan di dalam ruangan. 

Intinya komponen yang perlu diperhatikan dan menjadi hal utama dalam fotografi indoor adalah pencahayaan dan posisi kamera dengan objek. 

Produk-produk tambahan untuk kelengkapan fotografi bisa kamu cek di sini

Selain sebagai pengguna, kamu juga bisa mendapatkan peluang bisnis dengan berjualan aksesoris HP di Mirage Indonesia sebagai Reseller atau Dropshipper. 

Mirage Indonesia merupakan distributor aksesoris HP yang berlokasi di Surabaya. Semua produk di Mirage memiliki legalitas dan bergaransi resmi. 

Cara bergabung menjadi Reseller dan Dropshipper di Mirage Indonesia juga cukup mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Mirage Indonesia di sini atau klik icon WhatsApp di bagian kiri bawah. 

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?