tips meningkatkan closing

6 Tips Meningkatkan Closing Pada Fitur WhatsApp Business untuk Reseller

Anda pakai WhatsApp Business untuk berjualan? Kalau cuma hanya dipakai untuk membalas chat saja ya percuma… Makanya harus baca tips meningkatkan closing ini, agar penjualan bisa makin meroket.

Menurut data pengguna WhatsApp terbesar di dunia per tahun 2020, Indonesia menjadi ke-4 dalam daftar 10 negara teratas yang paling banyak menggunakan aplikasi chat besutan Facebook ini.

Lebih lanjut lagi, 4 dari 10 orang di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai pilihan utama untuk berkirim pesan. Dan menariknya, orang Indonesia banyak sekali yang menggunakan WhatsApp sebagai media untuk berjualan!

Alurnya sederhana sekali, update status barang jualan. Banyak orang di daftar kontak yang kepo, lalu kontak deh untuk tanya-tanya lebih lanjut. Kemudian banyak juga website yang dipergunakan sebagai “etalase”, tapi untuk transaksi tetap di WhatsApp.

Nah, karena kebiasaan orang Indonesia yang bertransaksi via WhatsApp, akhirnya pihak developer pun merilis WhatsApp Business. Tujuannya adalah membantu orang-orang yang menggunakan WhatsApp sebagai media berjualan. Dan fiturnya pun oke punya serta dapat membantu kita meningkatkan closingan lho…

Apa Saja Tips untuk Meningkatkan Closing?

Tipsnya ya adalah fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business. Maksimalkan saja untuk meningkatkan closingan, mumpung gratis juga kan. Nah, silakan gunakan fitur di bawah ini ya.

1. Profil Bisnis

Di sini Anda dapat memberikan detail mengenai usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Mulai dari deskripsi singkat, jam operasional, alamat lengkap (berikut peta), berikut juga alamat website.

Dengan mengisi profil bisnis secara lengkap dan jelas, maka dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pada calon customer. Karena pada dasarnya orang Indonesia itu kepo, maka profil ini adalah salah satu yang pertama bakal dicek.

Jika profil usaha Anda terlihat lengkap dan menarik, bisa dipastikan calon customer akan bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Tips Meningkatkan Closing:
Gunakan kalimat yang singkat dan padat untuk menjelaskan tentang usaha atau bisnis Anda.

tips meningkatkan closing
Fitur Profil Bisnis (kiri) dan Catalog (kanan)

2. Katalog Produk

Bayangkan jika tiap kali ada calon customer yang tanya produk, Anda harus kirim katalog dalam bentuk file gambar atau PDF. Jika dalam sehari ada 30 WA yang masuk, berarti harus kirim 30 kali, repot juga ya…

Nah, fitur katalog produk (Catalog) di WhatsApp Business dapat menjadi solusi. Di sini Anda dapat meng-upload berbagai produk yang dijual, lengkap dengan foto, deskripsi dan harga. Jadi calon customer bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dari produk yang Anda jual.

Untuk fitur ini, calon customer bisa mengaksesnya secara langsung dengan mengeklik ikon Catalog di bagian atas jendela chat. Atau jika ada orang yang bertanya barang apa saja yang Anda jual, tinggal kirim saja link Catalog-nya.

Menariknya lagi, customer yang sudah mengakses Catalog bisa menambahkan produk yang dipilih ke dalam keranjang (cart), setelah itu mengirimkannya ke Anda berikut dengan total harga jual. Praktis sekali bukan? Sehingga Anda bisa lanjut follow-up untuk ongkirnya.

Total produk yang bisa ditambahkan ke katalog adalah 500 produk.

Tips Meningkatkan Closing:
Upload produk ke Catalog secara berkala, pastikan deskripsi dan foto diisi dengan jelas agar calon customer bisa mendapatkan informasi secara maksimal.

Baca Juga: Mengenal Stock Opname & Manfaatnya Untuk Bisnis Aksesoris HP

3. Label Chat

Dari puluhan, ratusan atau bahkan ribuan chat yang ada, pasti ada customer baru, yang sudah input form order tapi belum transfer, sudah transfer tapi masih menunggu barang, transaksi sudah selesai, dan sebagainya.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui status tiap customer? Di sinilah fitur Label Chat dapat membantu. Anda bisa mengkategorikan customer dengan label berwarna, sehingga nantinya mudah untuk mencari dan berkomunikasi.

Komunikasi di sini adalah bagaimana nantinya Anda melakukan follow-up dengan customer berdasarkan statusnya. Karena tentu pesan follow-up antara customer yang belum transfer dan sudah transfer (tapi masih menunggu resi pengiriman) pasti berbeda.

Tips Meningkatkan Closing:
Buat daftar status/kategori customer terlebih dahulu, selanjutnya buat Label Chat berdasarkan status tersebut.

tips meningkatkan closing
Fitur label chat (kiri) dan Quick Replies (kanan)

4. Quick Replies

Bayangkan dalam sehari ada 10 customer yang menanyakan hal yang sama. Pasti Anda akan menjawab dengan jawaban yang sama bukan? Apakah berarti harus mengetik 10 kali pesan jawaban yang sama? Bisa jadi jika Anda belum menggunakan fitur Quick Replies…

Ya, fitur Quick Replies ini akan menghemat waktu Anda untuk menjawab pertanyaan atau saat melakukan follow-up customer. Di sini Anda perlu membuat sebuah template perintah (yang diawali dengan karakter “/” diikuti dengan 1 kata) yang nantinya akan memicu WhatsApp Business untuk mengirim pesan yang telah Anda tentukan.

Jadi daripada harus mengetik jawaban yang panjang, Anda cukup memilih perintah Quick Replies yang sudah dibuat sebelumnya. Sangat hemat waktu dan tenaga.

Tips Meningkatkan Closing:
Buat daftar Quick Replies sebanyak mungkin berdasarkan pertanyaan dan follow-up yang biasa dilakukan. Lakukan update berkala jika terdapat jawaban atau penawaran baru.

5. Away Message

Tentu Anda tidak berada di depan smartphone selama 24 jam untuk membalas pesan yang masuk bukan? Namanya seller pasti perlu istirahat juga. Atau toko Anda menerapkan jam operasional.

Nah, bagaimana jika ada chat yang masuk di luar jam operasional? Kalau Anda biarkan saja pasti calon customer akan merasa diabaikan. Karena harapannya mereka langsung mendapatkan jawaban saat itu juga saat mengirim pesan.

Fitur Away Message menjadi solusinya. Di sini Anda bisa membuat sebuah pesan yang otomatis terkirim saat di luar jam operasional (ambil dari Profil Bisnis), atau waktu yang Anda tentukan sendiri.

Setelah itu tuliskan pesan kapan calon customer akan dihubungi kembali. Dengan begitu mereka akan langsung mendapatkan kepastian jawaban tanpa harus menunggu Anda aktif kembali untuk membalas pesan.

Tips Meningkatkan Closing:
Informasikan dengan jelas jam operasional Anda dalam pesan, berikut permintaan maaf tidak bisa komunikasi langsung saat itu juga. Setelah Anda aktif, langsung balas pesan secepat mungkin.

Baca Juga: Mau Buka Usaha Konter Aksesoris HP? Baca Dulu Tips Berikut Ini

6. Greeting Message

Saat pertama kali calon customer mengirim pesan, dan status dalam jam operasional, mereka tentu berharap akan langsung dijawab. Jika terdapat jeda yang cukup lama tanpa adanya balasan, bisa jadi mereka akan tidak jadi transaksi karena merasa diabaikan.

Maka dari itu Anda harus segera menjawabnya. Tapi bagaimana jika saat itu sedang sibuk melayani chat dengan customer lain? Fitur Greeting Message bisa jadi “penyelamat” Anda.

Fitur ini kurang lebih sama seperti Away Message. Bedanya di sini Anda sedang berada dalam posisi jam operasional. Jadi walau sedang Anda sedang melayani chat customer lain, setidaknya chat baru yang masuk akan langsung mendapatkan balasan. Oya, untuk fitur Greeting Message ini hanya akan muncul pada kontak baru yang chat, jadi tidak akan mengganggu kontak chat lain yang sudah ada historinya.

Tips Meningkatkan Closing:
Informasikan jika Anda akan segera membalas chat secepatnya. Tapi memang janji tersebut harus dipenuhi agar customer tidak menunggu terlalu lama.

tips meningkatkan closing

Oke bagaimana? Apakah Anda sudah menggunakan semua fitur untuk tips meningkatkan closing di WhatsApp Business? Kalau belum, lakukan sekarang juga karena fitur ini semuanya tesedia secara gratis.

Nah, jika Anda kepikiran untuk sedang cari aksesoris HP atau komputer, bisa menghubungi Mirage Indonesia sebagai distributor. Cukup klik ikon WhatsApp di pojok kiri bawah halaman untuk kontak dengan admin CS.

2 thoughts on “6 Tips Meningkatkan Closing Pada Fitur WhatsApp Business untuk Reseller”

  1. Pingback: 9 Trik Foto Produk Modal HP Untuk Jualan Online, Engga Perlu Sewa Fotografer Profesional! | Mirage Online

  2. Pingback: 5 Alasan Mengapa Car Charger Remax Banyak Dicari Orang | Mirage Online

Comments are closed.

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?