aksesoris hp paling laku

Lebih Baik Berjualan di Marketplace atau Media Sosial? Simak Penjelasannya di Sini

Para pebisnis banyak yang masih menanyakan untuk mempromosikan produk-produknya lebih baik berjualan di Marketplace atau Media Sosial? Dan untuk strateginya apakah ada perbedaan dan lebih menguntungkan berjualan dimana sih sebenarnya. Artikel ini akan membahas tentang perbedaan berjualan di Marketplace dan Media Sosial, sehingga kamu bisa menilai lebih baik berjualan di Marketplace atau Media Sosial untuk menjualkan produk kamu. 

Secara umum Marketplace merupakan platform yang diciptakan khusus untuk transaksi jual beli online. Platform tersebut dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli online, karena lebih aman. 

Sedangkan Media Sosial merupakan platform yang diciptakan untuk bersosialisasi dan sebagai ruang hiburan. 

Namun beberapa Media Sosial dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk juga. Banyak sekali online shop yang kita temui dan menjualkan produknya di platform tersebut, seperti Instagram, Facebook dan Twitter

Pilih Berjualan di Marketplace atau Media Sosial? Simak Perbedaannya

Keunggulan Berjualan di Marketplace 

berjualan di marketplace atau media sosial

  • Sebagai Tempat Berkumpulnya Pembeli 

Fokus utama Marketplace adalah sebagai tempat jual beli, sehingga orang yang mengunjungi Marketplace pasti untuk mencari produk yang akan dibeli. Berbeda dengan Media Sosial yang fokus utamanya adalah sebagai media untuk bersosialisasi dan sarana hiburan. 

Tentunya Marketplace akan banyak sekali pembeli yang datang dibandingkan dengan Media Sosial, hal ini merupakan peluang yang sangat besar untuk pebisnis online.

Agar mendapatkan banyak pembeli di Marketplace, pebisnis online tinggal memaksimalkan saja untuk menggunakannya dengan cara menggunakan kata kunci produk yang sesuai agar mudah dicari calon pembeli. 

  • Keamanan Lebih Terjamin 

Karena Marketplace menyediakan rekening bersama untuk bertransaksi, sehingga proses jual beli akan lebih aman dan pembeli akan merasa lebih nyaman untuk melakukan transaksi di Marketplace daripada di media sosial. 

  • Ketersediaan Promo dari Marketplace 

Jika berjualan di Marketplace, biasanya pihak Marketplace menyediakan promo untuk mitra seller. Hal ini bisa kamu optimalkan untuk lebih mengenalkan produk kamu ke calon pembeli. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena program promo ini gratis dari pihak Marketplace itu sendiri. 

  • Waktu Posting Konten 

Jika kamu berjualan di Marketplace, kamu gak perlu untuk posting konten promosi terus-terusan. Cukup upload produk yang kamu jual secara detail dan menarik, agar pembeli dapat mengetahui spesifikasi produk dengan jelas ketika melihat foto produk yang kamu unggah. 

Hal ini berbeda jika kamu berjualan di Media Sosial, karena harus posting konten promosi lebih sering, agar calon pembeli berfikir jika akun jualan kamu aktif. Karena jika kamu berjualan di Media Sosial dan jarang melakukan posting, calon pembeli akan merasa ragu dan berfikir kamu sudah tidak melayani pembelian lagi. 

  • Real Testimoni 

Saat kamu mengunjungi toko di Marketplace, pasti kamu melihat testimoni dari pembeli yang sudah melakukan pembelian di toko tersebut. 

Semua penilaian baik ataupun buruk terlihat di sana. Jadi, pembeli akan membaca penilaian dari pelanggan sebelumnya sebelum memutuskan untuk membeli produk kamu, maka dari itu usahakan agar toko kamu mendapat penilaian yang baik, ya. 

Baca Juga: 8 Trik Optimasi Profil Instagram untuk Menumbuhkan Bisnis Aksesoris HP Anda

Keunggulan Berjualan di Media Sosial 

berjualan di marketplace atau media sosial

  • Dapat Menjangkau Traffic Lebih Luas

Pengguna Media Sosial lebih bervariasi, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Sehingga traffic di Media Sosial bisa dikatakan lebih luas dibanding dengan Marketplace. 

Pengguna Media Sosial biasanya juga mencari informasi produk di Media Sosial, sebelum mereka memutuskan untuk membeli. 

Hal ini dapat menjadi peluang untuk produk kamu bisa dibeli. Agar produk kamu ditemukan orang, gunakan Hashtag yang relevan sesuai dengan produk yang kamu jualkan. 

  • Gratis 

Jika berjualan di Marketplace kamu akan dibebankan dengan biaya admin, sedangkan di Media Sosial seperti Facebook dan Instagram kamu tidak dibebankan biaya apapun. 

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Di Media Sosial kamu bisa memanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun, memang kamu harus mengeluarkan sedikit banyak waktu untuk tetap konsisten upload ke Media Sosial. 

Kamu harus meluangkan waktu yang lebih untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas agar pesan yang kamu sampaikan dapat diterima oleh audiens dengan baik serta misi untuk brand kamu dapat dikenal oleh orang banyak juga dapat tercapai. 

Semakin brand kamu terkenal, hal ini juga akan menambah produk kamu lebih dipilih orang daripada brand lainnya. 

Jadi, lebih baik berjualan di Marketplace atau Media Sosial? Tentunya kedua platform tersebut bisa dimaksimalkan untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalani. Kamu bisa gunakan Media Sosial sebagai brand awareness kemudian kamu juga bisa menjualkan produk di Marketplace agar transaksi lebih aman dan pelanggan kamu bisa merasa lebih nyaman membeli produk kamu. 

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?