mengubah hardisk internal menjadi eksternal

Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Hardisk merupakan komponen yang paling penting bagi perangkat komputer atau laptop, karena hardisk adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk penyimpanan data. Lalu mengapa perlu mengubah hardisk internal menjadi eksternal? 

Jika kamu sering menginstal game atau aplikasi, pastinya kamu sangat membutuhkan hardisk dengan kapasitas yang besar. Namun biasanya hardisk internal pada PC terbatas, sehingga kamu membutuhkan hardisk eksternal sebagai tambahan, itulah salah satu alasan kenapa kamu harus mengubah hardisk internal menjadi hardisk eksternal. 

Namun, sebelum mengubah hardisk internal menjadi hardisk eksternal, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu seperti periksa kelayakan hardisk internalnya. 

Kamu harus pastikan hardisk internal tidak rusak sebelum hardisk dicabut dari perangkat komputer agar data yang kamu simpan tidak hilang. 

Untuk mengetahui hardisk internal rusak atau tidak, kamu bisa memeriksanya dengan cara membuka Windows Explorer kemudian klik kanan pada partisi hardisk yang akan dijadikan hardisk eksternal. Selanjutnya pilih menu Properties dan klik tab Tools, setelah itu klik opsi Check pada menu Error checking. Setelah melakukan beberapa hal tersebut proses scan akan berlangsung dan akan mengidentifikasi apakah hardisk terdapat error atau tidak. Jika tidak ada pemberitahuan bahwa hardisk terdapat error, maka hardiskmu layak untuk dijadikan hardisk eksternal. 

Selain memeriksa apakah terdapat error di hardisk internal mu, kamu juga perlu melakukan backup data sebelum mengubah hardisk internal ke eksternal. Sebenarnya hal ini hanya untuk berjaga-jaga saja jika saat hardisk dicabut mengalami kerusakan, sehingga data yang kamu miliki tidak hilang karena kamu sudah melakukan pencadangan data sebelumnya. 

Ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan untuk backup data, kamu bisa memilih menyalin di flash disk jika file yang kamu pindahkan memiliki kapasitas yang kecil atau bisa menyalinnya ke media seperti Google Drive atau Mega. 

Namun, jika file memiliki ukuran yang cukup besar, kamu bisa pindahkan file tersebut menggunakan DVD melalui DVD burner. 

Satu-satunya mengubah hardisk internal menjadi eksternal adalah dengan menggunakan bantuan enclosure. 

Enclosure memang sebuah alat yang diciptakan khusus untuk mengubah hardisk internal menjadi eksternal, sehingga hardisk bisa digunakan secara portable dan tidak harus terhubung pada soket internal pada komputer. 

Baca Juga: Aksesoris HP yang Dapat Mempermudah Aktivitasmu

Kelebihan yang lain menggunakan alat ini adalah bisa sebagai solusi jika kamu memiliki kapasitas penyimpanan data di komputer yang sudah penuh dan tidak memiliki budget lebih untuk membeli hardisk baru. Dengan alat ini kamu bisa juga membackup berbagai macam data, terlebih kamu bisa membackup program windows yang ada di hardisk internal dengan menggunakan alat ini. 

Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal dengan Enclosure 

  • Cabut Hardisk dari PC atau Laptop 

Langkah pertama untuk mengubah hardisk internal menjadi eksternal menggunakan enclosure yaitu dengan memindahkan hardisk internal ke enclosure. Tentunya sebelum memindahkan hardisk internal, kamu perlu mencabut terlebih dahulu hardisk internal dari perangkat PC atau laptop. Jangan lupa pastikan PC atau laptop kamu dalam keadaan mati dan tidak ada kabel atau listrik yang terhubung. 

Perhatikan juga saat mencabut hardisk internal dari PC atau komputer tetap hati-hati dan jangan tergesa-gesa, karena hardisk menjadi komponen yang cukup penting namun rentan, sehingga akan sangat sayang sekali jika hardisk mengalami kerusakan karena hal-hal yang sebenarnya bisa dihindari. 

  • Masukkan Hardisk Internal ke Enclosure 

Langkah selanjutnya kamu bisa langsung masukkan hardisk internal ke enclosure sesuai dengan tipe hardisk. 

Untuk cara memasangnya, kamu juga bisa membaca buku panduan yang ada di box enclosure tersebut. 

Setelah hardisk sudah terpasang di enclosure, kamu sudah bisa menggunakanya ke perangkat PC atau komputer. 

Nah, begitulah cara mengubah hardisk internal menjadi eksternal dengan menggunakan enclosure. 

mengubah hardisk internal menjadi eksternal

Dalam pemilihan enclosure juga perlu kamu perhatikan. Pastikan memiliki fitur atau spesifikasi yang bisa diandalkan seperti Orico Hard Drive Enclosure 2.5 Inch USB 3.0 yang cocok untuk hardisk atau SSD yang berukuran 2.5 inch serta memiliki kecepatan transfer sudah dengan output micro B USB 3.0 dimana dapat mentransfer hingga kecepatan 5Gbps dan kapasitas dari hardisk drive case ini hingga 4TB. 

Hardisk case mini ini cukup ringan sehingga mudah kamu bawa kemana pun, serta instalasinya tanpa alat, plug&play dan tidak diperlukan driver untuk enclosure 2.5 SATA ini. Kamu cukup dorong penutup, colokkan drive, kemudian tutup penutupnya dan sambungkan ke PC atau komputer. 

Kamu bisa download aplikasi Mirage Indonesia di sini untuk melihat info detail terkait produk enclosure dari Orico. Melalui aplikasi, kamu juga bisa mendaftar sebagai reseller atau dropshipper, jika kamu mau menjualkan produk tersebut dengan harga yang menguntungkan atau kamu bisa kontak tim kami dengan klik icon WhatsApp di kiri bawah ini. 

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?