tips merawat powerbank

6 Tips Merawat Powerbank Agar Bertahan Lama

Bisa dibilang powerbank adalah aksesoris gadget penting untuk Anda yang sering bepergian. Dengannya Anda dapat mengisi ulang baterai smartphone dimanapun dan kapanpun tanpa harus bergantung dengan charger dinding.

Oleh karena itu jangan sampai rusak, karena repot juga kan kalau harus cari penggantinya? Simak 6 tips merawat powerbank di bawah ini agar tetap awet.

Tips Merawat Powerbank Itu Tidak Sulit

1. Jangan Sampai Jatuh

Semua perangkat elektronik tentu memiliki banyak komponen di dalamnya, termasuk powerbank. Jika sampai jatuh, maka dapat merusak berbagai komponen sehingga mengganggu kinerjanya.

Kerusakan yang muncul pun bisa bermacam-macam, seperti indikator sisa kapasitas yang mati, bodi pecah, hingga tidak dapat melakukan pengisian baterai ke smartphone.

Anda bisa melindungi powerbank dengan membeli case pelindung, harganya juga tidak mahal. Memang tidak dapat melindungi powerbank sepenuhnya dari kerusakan saat jatuh dari tempat yang tinggi, tetapi setidaknya dapat meminimalisir benturan jika jatuhnya dari posisi yang rendah.

Saat ini beberapa brand memberikan case pelindung di dalam paket penjualan yang tentu bisa Anda manfaatkan.

tips merawat powerbank

2. Hindari Percikan/Siraman Air

Musuh utama dari semua perangkat elektronik adalah air atau cairan lain. Jika air sampai bisa masuk ke dalam powerbank (misalnya lewat port USB), maka kemungkinan besar untuk rusak sangat tinggi.

Tips merawat powerbank yang satu ini mudah sih, dimana Anda harus berhati-hati saat meletakkan powerbank di meja, jangan terlalu dekat dengan gelas misalnya.

Jika ingin memberikan proteksi ekstra, terdapat case pelindung waterproof yang bisa Anda beli di toko aksesoris HP atau secara online. Case pelindung ini juga mampu melindungi powerbank dari debu atau kotoran. Sehingga cocok jika kegiatan Anda mayoritas di luar ruangan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Car Charger Remax Banyak Dicari Orang

3. Jangan Tinggalkan di Dalam Mobil

Berdasarkan artikel ini, suhu di dalam mobil saat terik matahari maksimal bisa mencapai 76 derajat Celcius!

Jadi masuk akal jika ada berita powerbank yang meledak karena ditinggal di dalam mobil. Di dalam powerbank ada rangkaian baterai. Dan baterai tidak dapat disimpan dalam suhu tinggi karena dapat memicu reaksi kimia di dalamnya yang berpotensi menyebabkan percikan api hingga ledakan.

So, jangan sampai Anda abai meninggalkan powerbank di dalam mobil atau jok motor, karena resikonya sangat besar.

tips merawat powerbank

4. Pahami Siklus Pengisian

Powerbank menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang, antara Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polymer).

Tiap jenis baterai memiliki jumlah siklus pengisian yang berbeda. Untuk baterai Li-Ion adalah 500 kali isi ulang, sedangkan Li-Po lebih banyak yakni 1000 kali isi ulang.

Jika sudah hampir mencapai jumlah siklus pengisian maksimalnya, maka kapasitas baterai powerbank akan berkurang, otomatis Anda akan merasa yang biasanya powerbank bisa mengisi penuh baterai smartphone sampai 3 kali, berkurang hingga 1 kali.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengisi ulang powerbank agar kapasitasnya tidak cepat turun. Isi ulang saat kapasitas sudah mau habis. Biasanya ditandai dengan indikator yang berkedip.

5. Awas Over Charging

Tepatnya jangan diisi ulang lalu ditinggal tidur! Sebenarnya tidak masalah jika powerbank tersebut sudah memiliki fitur over charging protection, tapi tentu akan lebih bijak dengan menghentikan proses pengisian ulang saat kapasitas sudah penuh.

Memang sih selalu memperhatikan indikator LED kapasitas baterai cukup merepotkan, tapi Anda bisa menyiasatinya.

Misalnya mengatur alarm di smartphone agar tidak terlewat. Untuk lamanya bisa Anda kira-kira. Atau bisa juga menggunakan stop kontak yang dilengkapi timer dengan fitur cut-off listrik otomatis. Oya, cara ini juga bisa digunakan saat Anda mengisi ulang baterai smartphone.

tips merawat powerbank

6. Jangan Cas Sambil Menggunakan Smartphone

Saat Anda melakukan hal tersebut, arus yang dialirkan oleh powerbank ke smartphone akan tidak stabil. Tentu membahayakan untuk kedua gadget tersebut. Tandanya adalah baik powerbank dan smartphone akan terasa panas.

Jadi jika Anda ingin powerbank atau smartphone awet, pastikan untuk tidak mengecas sambil menggunakan smartphone. Tips merawat powerbank yang satu ini memang sering “dilanggar” oleh banyak orang, tapi kembali lagi ke Anda, apakah tidak sayang dengan powerbank dan smartphone?

Oke, semoga tips merawat powerbank di atas dapat membuat powerbank atau smartphone Anda lebih awet dan bertahan lebih lama.

Mengingat powerbank saat ini menjadi aksesoris HP yang banyak dicari orang, maka potensi tinggi jika dijual sendiri untuk menambah pemasukan lho.

Kalau Anda ingin mencari powerbank berkualitas dengan desain bervariasi untuk dijual, kami Mirage Indonesia sebagai importir dan distributor resmi bisa menyediakanya. Cukup klik ikon WhatsApp di pojok kiri bawah untuk konsultasi gratis dengan CS.

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?