aksesoris hp

Ini 5 Cara Bikin Customer Selalu Balik ke Toko Aksesoris HP Anda

Apakah sekarang orang lebih tertarik belanja aksesoris HP secara online? Jawabannya belum tentu.

Karena masih ada sebagian orang yang lebih suka belanja secara offline dengan berbagai alasan. Seperti tidak percaya dengan transaksi online, bisa melihat langsung produk, serta lebih nyaman.

Nah, untuk alasan ketiga yakni lebih nyaman belanja di toko offline, tentu sebisa mungkin Anda dapat menciptakan situasi tersebut. Tujuannya adalah membuat orang yang awalnya berkunjung, lalu membeli produk dan menjadi customer. Selanjutnya ia akan kembali lagi datang ke toko untuk berbelanja dan menjadi pelanggan.

Lalu bagaimana cara agar customer menjadi pelanggan dan selalu kembali berbelanja di toko Anda? Berikut beberapa cara yang harus Anda coba.

Menciptakan Toko Aksesoris HP yang Nyaman untuk Customer

1. Berteman dengan Customer

Saat ada orang berkunjung ke toko Anda, ia memiliki berbagai pengharapan. Seperti berharap membeli powerbank yang awet untuk anaknya, berharap banyak pilihan produk, berharap mendapat harga termurah, dan lainnya.

Maka dari itu tugas Anda (dan karyawan jika ada) adalah membantu agar orang tersebut mencapai harapannya. Bagaimana caranya? Bertindaklah sebagai teman, dalam hal ini menanyakan kebutuhan, bujet, atau hal lainnya yang membuat ia mencapai tujuannya.

Tentunya Anda harus memiliki ramah-tamah. Jangan menjadikan pengunjung hanya sebagai “penghasil uang” untuk Anda. Memang bisa jadi ia tidak akan membeli. Tapi peluang untuk kembali ke toko Anda tentu lebih besar karena ia merasa nyaman. Dan hal tersebut akan meningkatkan peluang untuk terjadinya closing berulang karena selanjutnya dipastikan ia akan kembali berbelanja aksesoris HP di toko Anda.

Baca Juga: 8 Trik Optimasi Profil Instagram untuk Menumbuhkan Bisnis Aksesoris HP Anda

2. Permudah Customer Cari Produk

Ketika orang berkunjung ke toko, bisa jadi ia hanya melihat-lihat saja dan belum ada tujuan untuk langsung membeli. Atau bisa jadi sudah ingin beli, tapi belum tahu produk apa yang diinginkan.

Oleh karena itu “bantu” mereka untuk menemukan produk yang mereka cari. Caranya dengan menampilkan display yang tidak hanya menarik, tapi juga membantu. Display di sini maksudnya adalah etalase atau rak produk.

Anda bisa mengelompokkan display berdasarkan merk, jenis barang (kabel data, powerbank, charger, dan lainnya) atau barang promo.

Cara ini bisa makin efektif jika dikombinasikan dengan poin sebelumnya, yakni ramah-tamah. Jadi orang akan merasa dibantu, bukan merasa akan “dijualin”.

aksesoris hp

3. Tawarkan Program Member dengan Reward

Saat customer melakukan transaksi, tawarkan program member dengan benefit atau keuntungan tertentu. Syaratnya pun mudah saja, dimana customer harus memberikan nama dan nomor WhatsApp.

Benefit yang Anda tawarkan pun bisa bermacam-macam. Seperti diskon 5% saat bertransaksi kembali di toko dengan menunjukkan member.

Lalu apa untungnya bagi toko aksesoris HP? Tentu Anda mendapatkan database customer dari nama dan nomor WhatsApp dari customer. Selanjutnya bisa diolah dengan mengirimkan pesan berisi promo diskon, perkenalan produk baru, dan lainnya.

Tentunya promo tersebut bisa didapatkan dengan berbelanja langsung di toko. Alhasil customer pun kembali lagi ke toko Anda.

4. Meningkatan Reputasi Toko

Di marketplace, pembeli bisa secara mudah memberikan testimoninya pada barang yang dijual, sehingga orang lain bisa mengetahuinya dengan mudah. Lalu bagaimana caranya jika diterapkan pada toko?

Sama seperti poin sebelumnya, tawarkan hadiah dengan imbal balik testimoni dari customer. Caranya mudah saja, customer tinggal memberikan testimoni setelah melakukan membeli produk. Dan jangan lupa untuk mention atau tag akun toko Anda.

Untuk hadiah, Anda bisa memberikan barang, voucher atau lainnya. Mungkin nominalnya tidak besar. Tapi jelas bermanfaat dari customer, dan tentu bermanfaat bagi toko aksesoris HP Anda karena dapat meningkatkan reputasi, khususnya bagi follower si customer.

aksesoris hp

5. Tawarkan Pembayaran Cashless

Tidak semua orang membawa uang cash dalam jumlah banyak di dompetnya. Oleh karena itu toko Anda harus menyediakan opsi pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Mulai dari mesin EDC (untuk pembayaran debit atau kartu kredit) atau juga pembayaran cashless lain seperti OVO, Dana atau Shopeepay.

Untuk tipe pembayaran cashless kedua, biasanya akan terdapat promo di dalamnya. Dan karena saat ini pembayaran secara cashless sudah biasa untuk transaksi, sangat mungkin orang akan bertanya apakah bisa dilakukan di toko Anda.

Jika toko aksesoris HP Anda mendukung pembayaran cashless, maka bisa meningkatkan potensi transaksi karena budaya cashless untuk sudah mulai menjamur di masyarakat kita.

Oke, apakah toko Anda sudah memenuhi kelima poin di atas? Jika belum silakan renungkan kembali. Bisa jadi customer tidak kembali ke toko karena Anda tidak menerapkan salah satu atau semua poin di atas.

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?