fbpx
aksesoris hp

Toko Aksesoris HP Sepi? Pasti Karena 5 Alasan Ini

Penjualan toko aksesoris HP menurun? Bisa jadi karena orang yang datang ke toko berkurang. Bisa juga orang yang sudah pernah datang tidak kembali lagi.

Nah, kalau begitu Anda sebagai pemilik toko harus mulai menyadari hal tersebut. Tapi tentunya tidak tinggal diam, karena harus melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Sebelum memikirkan solusinya, Anda harus mencari penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu solusi yang diambil bisa lebih tepat sasaran. Lalu apa saja penyebabnya? Berikut Mirage Indonesia kupas tuntas.

Alasan Toko Aksesoris HP Sepi Pengunjung

1. Pelayanan Tidak Ramah

Untuk alasan yang satu ini, Anda harus berada dalam posisi sebagai pengunjung toko. Jika Anda dilayani dengan tidak ramah, apakah merasa betah dan nyaman? 100% jawabannya pasti TIDAK.

So, jika Anda ingin pengunjung toko aksesoris HP betah berlama-lama di toko, mulailah untuk melayaninya dengan ramah. Ada 3S yang bisa Anda dan karyawan terapkan, yakni Senyum, Salam dan Sapa.

Pelayanan ini juga “satu paket” dengan penampilan. Jika keduanya dikombinasikan dengan baik, bukan tidak mungkin pengunjung akan betah dan kembali lagi ke toko Anda.

Bahkan ada kasus dimana pengunjung menjadi pelanggan karena keramahan pemilik dan karyawan toko, walaupun di sebelah ada toko yang menjual dengan harga lebih murah. Hal ini menandakan bahwa pengunjung menjadikan pelayanan menjadi hal yang krusial saat bertansaksi.

Baca Juga: 10 Keuntungan Kulakan di Distributor Online Grosir Aksesoris HP Mirage Indonesia

2. Display Toko Membingungkan

Untuk poin nomor 2 ini Anda harus tetap memposisikan diri sebagai pengunjung toko. Jika Anda berkunjung dan melihat tampilan display toko yang tidak rapi atau membingungkan untuk mencari produk yang dingiinkan, tentu tidak nyaman bukan?

Silakan lakukan tes secara sederhana. Undang teman atau saudara untuk berkunjung ke toko Anda, kemudian minta masukan kepada mereka.

Idealnya, display toko bisa Anda kelompokkan. Misal berdasarkan merk aksesoris HP, atau berdasarkan kategori (misal kabel data, car charger, headphone dan lainnya), atau produk promo. Dengan begitu pengunjung dapat lebih mudah mencari produk yang ia inginkan.

aksesoris hp

3. Tidak Menguasai Product Knowledge

Sebagian orang yang datang ke toko dan melihat produk yang dijual, sebagian besar pasti bertanya detail produk yang ada.

Pastikan Anda atau karyawan memiliki pengetahuan mengenai tiap produk, atau istilahnya product knowledge. Selain bisa menjawab pertanyaan terkait hal teknis, Anda juga bisa memberikan rekomendasi atau pertimbangan jika pengunjung toko bingung atas produk aksesoris HP yang sedang dipilih.

Bayangkan jika Anda tidak menguasai product knowledge, pasti pengunjung toko berpikir Anda hanya menjual saja tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan.

4. Layanan After Sales Buruk

Setiap produk aksesoris HP yang berkualitas pasti memiliki garansi. Jika rusak, cacat atau tidak berfungsi, customer dapat melakukan klaim pada toko.

Pastikan Anda konsisten dengan “janji” tersebut, dan tidak mempersulit proses klaim garansi. Saat customer puas dengan pelayanan Anda, kemungkinan besar ia akan merekomendasikan toko Anda ke orang-orang terdekatnya.

Semakin banyak customer yang puas dan merekomendasikan toko Anda, bisa menjadi promosi gratis yang tentunya sangat baik karena berasal dari pengalaman customer yang puas.

Jadi jangan sampai Anda mendapatkan kesan buruk dari customer, karena bisa jadi ia bilang begini, “Jangan beli kabel data di toko X deh, kabel dataku rusak terus mau garansiin katanya tidak bisa. Padahal barangnya garansi 1 tahun.” Dan customer tersebut cerita ke 10 temannya. Bisa dibilang Anda berpotensi kehilangan 10 calon customer. Tentunya bukan hal yang bagus untuk toko Anda.

5. Kualitas Produk Rendah

Menjual produk aksesoris HP dengan harga sangat murah untuk menggaet customer sebanyak-banyaknya memang tidak salah.

Tapi masalahnya kalau berbicara barang elektronik, harga murah pasti berbanding lurus dengan kualitas yang rendah, seperti mudah rusak, fungsi tidak berjalan, dan lainnya.

Sekarang tanyakan kepada diri sendiri, apakah toko Anda ingin dikenal sebagai toko yang menjual produk dengan kualitas tinggi, atau sebaliknya? Jika Anda memilih poin pertama, pastikan menjual produk yang berkualitas.

Mengapa produk aksesoris HP harus berkualitas tinggi? Karena persentase kerusakannya kecil. Jika pun ada kendala seperti rusak atau cacat, terdapat garansi. Tentunya hal tersebut harus didukung oleh supplier atau distributor yang menunjang.

aksesoris hp

Mirage Indonesia, Distributor Resmi Aksesoris HP Berkualitas

Mirage Indonesia adalah distributor dan importir aksesoris HP yang bisa diandalkan untuk menyuplai stok toko Anda. Dengan lebih dari 2000 partner dealer toko yang sudah bekerjasama sejak tahun 2003.

Silakan klik ikon WhatsApp di pojok kiri bawah untuk konsultasi gratis dengan tim Customer Service kami.

Like dan Share jika bermanfaat
error

Artikel ini bermanfaat buat kamu? Yuk bantu bagikan supaya lebih banyak teman juga mendapatkan manfaatnya

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?