fbpx
aksesoris hp

7 Tips Mengurangi Stock Mati Untuk Menjaga Cashflow Toko Aksesoris HP

Di dalam berbisnis, tentu saja terdapat beberapa barang yang tidak laku. Dalam istilah bisnis, sering kali disebut dengan dead stock atau stok mati. Barang barang tersebut tentunya akan membuat perusahaan rugi. Untuk itu, di dalam menjaga cash flow toko agar tetap berjalan, berikut akan diulas beberapq tips untuk mengurangi stock mati pada bisnis aksesoris HP yang bisa untuk Anda lakukan.

Strategi Untuk Mengurangi Dead Stock Aksesoris HP yang Wajib Anda Tahu

  1. Menggabungkan dengan Produk Lain

Paket bundling menjadi salah satu strategi yang banyak dilakukan oleh toko aksesoris. Hal ini bertujuan agar barang barang yang tidak laku tersebut dapat tetap terjual. Anda bisa menggabungkan dead stock tersebut dengan produk atau aksesoris lain yang mempunyai nilai penjualan yang tinggi. Dengan cara ini dapat menjadi salah satu strategi agar barang yang tidak laku tersebut dapat terjual dengan lebih baik.

Sehingga, dengan penggabungan dua barang tersebut maka bisnis Anda akan tetap berjalan. Contohnya saja, ketika kabel USB yang ada di toko aksesoris HP Anda tidak memiliki daya beli yang tinggi. Maka, Anda bisa menggabungkannya dengan earphone yang mempunyai daya beli cukup tinggi. Sehingga, Anda bisa menaikkan sedikit harga dari earphone tersebut, namun pelanggan secara otomatis juga akan mendapatkan kabel data. Itulah yang disebut dengan paket bundling.

aksesoris hp

  1. Cuci Gudang

Momen satu ini akan menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan dead stock yang dimiliki oleh toko. Hal ini dikarenakan dengan melakukan diskon cuci gudang, maka Anda akan memberikan harga miring untuk setiap produk atau aksesoris yang tidak laku tersebut. Dengan begitu, akan menjadi salah satu strategi yang cukup efektif di dalam menghabiskan barang barang yang belum terjual dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan terakhir.

Anda bisa menjangkau pelanggan dengan memberikan informasi melalui media sosial. Dengan begitu, pemburu diskon akan menjadi tahu bahwa barang barang yang ada di toko Anda sedang mengalami cuci gudang. Sehingga, promosi dengan media sosial tersebut akan mampu menghadirkan antusiasme dari masyarakat untuk menyerbu barang barang yang Anda jual dengan harga yang murah tersebut.

Baca Juga: 6 Barang Wajib Ada di Toko Aksesoris HP Kamu

  1. Flash Sale

Strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk menjual barang atau aksesoris HP yang merupakan dead stock adalah dengan melakukan flash sale. Anda bisa memberi tahukan kepada pelanggan Anda bahwa terdapat barang yang diberikan diskon, namun hanya dalam waktu beberapa jam saja. Dengan adanya pemberitahuan ini akan membuat konsumen menjadi menanti waktu yang tepat untuk bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah.

Tentu saja, cara ini bisa dilakukan untuk menggaet pelanggan dan juga sebagai salah satu strategi marketing terbaik yang bisa Anda lakukan dalam menangani dead stock. Untuk itu, konsumen pun akan berpikir bahwa flash sale akan jarang dilakukan sehingga, mereka akhirnya akan membeli aksesoris tersebut. Cara satu ini cukup efektif, terutama apabila toko Anda memiliki sistem penjualan yang online.

aksesoris hp

  1. Menurunkan Harga Penjualan

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk mengatasi dead stock pada toko aksesoris HP Anda adalah dengan menurunkan harga penjualan. Ketika Anda menurunkan harga jual pada produk yang menjadi penyebab dead stock, maka bisa jadi akan menarik minat masyarakat untuk membelinya. Meskipun nantinya Anda tidak akan mendapatkan untung dari penjualan tersebut, namun setidaknya stock mati yang ada di gudang menjadi bersih.

Sehingga, hal ini akan mencegah Anda dari kerugian. Pasalnya, dengan menjual habis produk yang tidak laku tersebut dapat menunjang Anda untuk melakukan pembelian kembali barang barang yang lebih laku. Sehingga, Anda pun nantinya akan bisa balik modal terhadap pembelian yang Anda lakukan di supplier. Dengan begitu, akan membuat cash flow dapat berjalan dengan baik dalam jangka panjang.

  1. Jual Secara Online

Apabila Anda sebelumnya hanya memiliki toko saja, maka untuk mengatasi dead stock Anda bisa mencoba untuk menjualnya secara online. Hal ini dikarenakan jika Anda telah menjual barang secara offline dan ternyata tidak memiliki banyak pelanggan untuk membeli barang tersebut, maka penjualan secara online dapat menjadi solusi yang bisa Anda jalankan. Dengan begitu, hal ini akan membuat stock mati yang dimiliki berangsur angsur laku terjual.

Anda bisa menjual aksesoris HP secara online dengan menggunakan media sosial ataupun marketplace. Hal ini dikarenakan ketika Anda menjual barang dead stock tersebut secara online, maka Anda akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu, apabila pelanggan biasanya membeli di toko saja, maka saat ini Anda bisa melebarkan sayap dan memiliki target pasar yang lebih besar.

Sebab, menjual barang secara online akan mampu untuk menjangkau konsumen lebih luas. Contohnya, apabila Anda memiliki toko di Surabaya maka kemungkinan besar orang yang akan datang ke toko aksesoris HP Anda adalah wara Surabaya saja. Akan tetapi, apabila Anda menjualnya secara online, maka kemungkinan besar orang lain yang ada di luar kota bahkan luar pulau bisa membeli produk tersebut.

aksesoris hp

  1. Mencoba Bentuk Pemasaran Baru

Hal lain yang bisa Anda lakukan di dalam mengatasi dead stock adalah mengubah cara pemasaran. Mungkin saja, produk yang tidak laku terjual tersebut dikarenakan memiliki strategi pemasaran yang buruk. Untuk itu, bagi Anda yang berjualan secara online maka Anda bisa dengan mudah untuk melakukan foto ulang akan produk tersebut. Buatlah semenarik mungkin sehingga banyak pelanggan yang menjadi tertarik akan produk tersebut.

Anda juga bisa untuk menggunakan kata kunci terbaru dalam judul, sehingga ketika orang mencari secara online maka barang tersebut akan menjadi mudah untuk ditemukan. Sedangkan, bagi Anda yang memiliki toko offline aksesoris HP, maka Anda bisa melakukan penataan ulang. Bisa jadi, barang yang tidak laku tersebut dikarenakan produk memang tidak terlihat di dalam toko sehingga banyak pelanggan yang tidak mengetahui ada produk tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Display Barang Bikin Jualan Aksesoris HP Laris Manis

  1. Menyebarkan Kupon Diskon

Kupon diskon juga menjadi salah satu strategi terbaik yang bisa Anda lakukan. Sehingga, dengan adanya kupon diskon ini akan membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membelinya. Hal ini disebabkan, terdapat beberapa pelanggan yang sebenarnya ingin membeli produk tersebut namun harga yang ditawarkan cukup tinggi. Dengan adanya kupon diskon tersebut akan membuat pelanggan lebih tertarik dikarenakan harganya menjadi lebih murah.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stock mati di toko aksesoris HP milik Anda. Dengan begitu, maka penjualan atas dead stock tersebut dapat diatasi dengan baik. Apabila Anda ingin mencari distributor untuk memenuhi barang penjualan yang ada di toko maka Anda bisa bergabung bersama Mirage Indonesia yang sudah terpercaya. Info selengkapnya hubungi customer service melalui tombol chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web.

Like dan Share jika bermanfaat

1 thought on “7 Tips Mengurangi Stock Mati Untuk Menjaga Cashflow Toko Aksesoris HP”

  1. Pingback: Mengenal Stock Opname & Manfaatnya Untuk Bisnis Aksesoris HP | Mirage Online

Comments are closed.

error

Artikel ini bermanfaat buat kamu? Yuk bantu bagikan supaya lebih banyak teman juga mendapatkan manfaatnya