fbpx
aksesoris hp

Mengenal Stock Opname & Manfaatnya Untuk Bisnis Aksesoris HP

Untuk kamu yang menggeluti dunia bisnis, tentu saja istilah stock opname menjadi salah satu hal yang penting. Meskipun umumnya, bisnis aksesoris HP hanya merupakan bentuk kegiatan dari jual dan beli barang saja, akan tetapi ternyata hal tersebut tak semudah yang kamu kira. Bagi kamu yang tertarik di dunia satu ini, maka tak ada salahnya untuk mengenal apa itu stock opname dan manfaatnya untuk bisnis yang kamu jalani.

Kenali Pengertian dari Stock Opname

Kegiatan yang menghitung persediaan dari stok barang yang ada di gudang sebelum dijual sering kali disebut dengan istilah stock opname. Dengan kegiatan yang lumayan menyita waktu ini, dapat bermanfaat dikarenakan kamu bisa melakukan pemeriksaan maupun penghitungan terhadap barang dan aksesoris handphone apa saja yang ada di gudang kamu.

aksesoris hp

Di dalam melakukan kegiatan satu ini, usahakan untuk tidak melakukan kesalahan. Pasalnya, kesalahan yang kamu lakukan nantinya akan bisa berpengaruh terhadap kuantitas serta stok barang dari aksesoris HP yang akan kamu jual. Aktivitas penghitungan ini akan bertujuan untuk mengetahui apa saja yang tersedia di toko kamu sebelum melakukan penjualan.

Stock opname sendiri umumnya akan dilakukan secara langsung. Disini, nantinya akan ada karyawan yang bertugas untuk melakukan penghitungan barang dan mencocokannya dengan data yang telah tersimpan. Sehingga, apabila ada data dan stok barang yang tidak sesuai maka akan segera bisa untuk ditindak lanjuti. Untuk itulah, kamu harus melakukan pengerjaan ini dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

Baca Juga: 7 Tips Mengurangi Stock Mati Untuk Menjaga Cashflow Toko Aksesoris HP

Pentingnya Stock Opname Untuk Pebisnis Aksesoris HP

Selain berfungsi untuk menghitung ketersediaan dari stok barang yang kamu miliki, stock opname juga akan sangat penting untuk membantu penghitungan jumlah penjualan dari  aksesoris HP yang telah tercatat. Dengan adanya kegiatan satu ini akan berfungsi untuk mengetahui penjualan setiap bulannya. Selain itu, dengan adanya stock opname akan mampu mengurangi kesalahan ketika sedang restock.

Di dalam melakukan restock, umumnya pebisnis akan memiliki angka yang pasti. Apabila kamu langsung saja melakukan restock dan tidak mengetahui berapa jumlah yang memang dibutuhkan, hal tersebut nantinya akan memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian untuk bisnis kamu. Selain itu dengan adanya stock opname, juga akan mampu untuk mengetahui apabila ada barang yang kurang ataupun hilang.

Hal ini dikarenakan ketika kamu melakukan restock tentu saja akan terdapat jeda waktu yang harus dipersiapkan. Sebab, supplier dan distributor juga akan membutuhkan waktu untuk menyiapkan dan juga mengirimkan barang yang dipesannya. Dengan melakukan kegiatan stock opname, maka kamu pun akan mengetahui kapan barang akan habis. Sehingga, masalah kekurangan barang tersebut tidak akan terjadi.

aksesoris hp

Ketika kamu melakukan stock opname juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi dari inventaris. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan secara manual ini, kamu jadi tahu tentang kondisi barang yang telah tersimpan. Apabila kamu memiliki banyak waktu luang, maka kamu bisa untuk mengecek aksesoris HP tersebut satu persatu. Hal ini akan membantu untuk tahu aksesoris apa saja yang mengalami kerusakan.

Di samping itu, ketika kamu melakukan stock opname maka akan berfungsi untuk memberikan informasi tentang perkembangan yang terjadi di perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan mencocokkan antara kas dan juga barang yang telah terjual,menjadi salah satu cara untuk  tahu apakah bisnis yang selama ini kamu jalani telah berjalan stabil atau mengalami peningkatan.

Jenis Dari  Stock Opname yang Perlu Kamu Tahu

Setelah mengetahui pentingnya stock opname untuk keberlangsungan bisnis aksesoris handphone yang kamu jalankan, maka kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis dari kegiatan satu ini. Pertama, kamu akan melakukan metode ini dengan jenis periodic stock taking. Untuk kegiatan satu ini dapat dilakukan secara rutin yang umumnya akan dilakukan dengan mengikuti perhitungan kuartal.

Dapat diartikan jika kamu bisa menghitung stok barang setiap tiga hingga empat bulan sekali. Biasanya bisnis satu ini akan sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis kecil kecilan ataupun UMKM. Pasalnya, bagi kamu yang masih menjalankan bisnis satu ini akan membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menyelesaikannya namun tidak membutuhkan sumber daya yang banyak.

Selain itu, ada pula metode yakni annual stock taking. Kegiatan satu ini umumnya akan dilakukan setiap setahun sekali, sama dengan namanya. Untuk metode stock opname satu ini akan sangat cocok dilakukan untuk kamu yang menjual produk bersifat tahan lama, seperti ketika kamu menjalankan bisnis aksesoris HP ini. Biasanya jenis ini juga akan membutuhkan gudang yang cukup besar untuk tempat penyimpanan nya.

Umumnya jenis stock opname satu ini akan dilakukan pada akhir tahun atau ketika penutupan laporan keuangan. Karena alasan tersebut, stock opname sudah seharusnya dilakukan secara menyeluruh. Sehingga hal ini akan bertujuan untuk mengetahui apakah produk dan aksesoris handphone tersebut masih layak untuk dijual. Dengan begitu, ketika menemukan banyak kerusakan, nantinya akan bisa menjadi masukan untuk tahun berikutnya.

aksesoris hp

Sedangkan untuk jenis yang ketiga adalah daily stock taking yang dilakukan rutin setiap hari. Biasanya akan ada karyawan atau petugas sendiri yang akan melakukan kegiatan ini setiap harinya. Untuk stock opname jenis ini bertujuan untuk memastikan bahwa stok tersebut selalu sama dengan yang terdapat di dalam laporan. Sehingga, apabila tidak sesuai akan ketahuan apakah barang tersebut hilang atau dicuri.

Dengan menggunakan jenis satu ini maka akan mengetahui kondisi barang atau aksesoris HP tersebut secara aktual. Jenis satu ini biasanya akan sering dilakukan bagi kamu yang berjualan di toko kelontong. Akan tetapi tak menutup kemungkinan jika kamu bergerak di bisnis aksesoris handphone, kamu pun juga bisa untuk melakukan stock opname jenis ini. Biasanya akan dilakukan setiap malam sebelum toko akan tutup.

Baca Juga: 6 Barang Wajib Ada di Toko Aksesoris HP Kamu

Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Stock Opname

Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan satu ini biasanya tergantung dari masing masing bisnis yang kamu jalankan. Untuk kamu yang bergerak di bidang aksesoris handphone, maka kamu bisa melakukan pengecekan ini setiap harinya. Selain itu, hal tersebut akan bertujuan untuk memastikan bahwa barang yang kamu jual akan selalu tersedia.

Oleh karena itu, setiap perusahaan akan memiliki waktu yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung dari kebutuhannya masing masing. Kamu bisa menggunakan jenis metode stock opname seperti yang telah disebutkan. Sehingga, kamu pun bisa dengan mudah untuk menentukan kapan waktu  yang pas untuk melakukan stock opname. Dengan begitu, kamu akan mengetahui barang apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah sekilas yang perlu kamu ketahui tentang stock opname. Kegiatan satu ini memang memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga kamu pun bisa mencoba untuk menerapkan cara satu ini agar bisnis dapat berjalan lancar.

Oya, dan bagi kamu yang lagi cari aksesoris HP untuk menambah variasi jualanmu, bisa kontak kami. Kami memiliki program khusus reseller yang tentunya menguntungkan bagi tokomu. Hubungi CS kami sekarang juga via live chat.

Like dan Share jika bermanfaat
error

Artikel ini bermanfaat buat kamu? Yuk bantu bagikan supaya lebih banyak teman juga mendapatkan manfaatnya