fbpx
jual aksesoris hp

8 Rahasia Sukses Jual Aksesoris Handphone di Marketplace

jual aksesoris hp

Bisa dibilang saat ini memulai sebuah bisnis dengan jual aksesoris handphone sangatlah mudah. Mengapa begitu? Berdasarkan lembaga riset digital marketing Emarketer per 2018, terdapat lebih dari 100 juta orang pengguna aktif handphone di Indonesia.

Para pengguna tersebut pasti membutuhkan kabel data, powerbank, earphone, dan aksesoris handphone lainnya. Permintaan tinggi dari berbagai produk tersebut tentu menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis berjualan aksesoris handphone.

Terlebih dengan adanya marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee dan lainnya yang memudahkan seseorang untuk berjualan produk apapun. Tanpa perlu toko fisik, cukup bermodal produk yang akan dijual, siapapun sudah siap mereguk keuntungan.

Raih Profit Tinggi dengan Menjual Aksesoris Handphone

Dengan tingginya peredaran handphone di sekitar, maka jumlah permintaan untuk aksesorisnya juga turut mengimbangi.

Kabel data, powerbank, headset, adalah sebagian dari aksesoris yang banyak dicari orang. Merk dan jenisnya pun beragam, dengan harga yang bervariasi. Oleh karena itu pasarnya sangat terbuka luas bagi Anda yang ingin bisnis dengan jual aksesoris handphone.

jual aksesoris hp
Contoh berbagai aksesoris handphone.

Setelah memilih produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah memilih dimana Anda akan berjualan atau membuka toko. Dengan modal yang minim, membuka toko di marketplace adalah pilihan yang tepat dan bijak.

Banyak berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, khususnya bagi Anda yang jual aksesoris handphone. Terlebih saat ini kebiasaan masyarakat Indonesia untuk transaksi online jauh lebih tinggi dibandingkan 5-10 tahun yang lalu. Oleh karena itu berjualan di marketplace merupakan pilihan yang tepat.

Keuntungan Berjualan di Marketplace

Dengan adanya berbagai marketplace, jelas menguntungkan siapapun yang ingin membuka bisnis sendiri dengan modal minim. Bahkan yang sudah punya toko offline (fisik) pun turut memiliki toko di marketplace sebagai langkah untuk melebarkan sayap dan memperoleh omset di luar toko offline.

Jadi jika Anda sudah memiliki toko aksesoris handphone dan ingin berjualan di marketplace, jelas tidak salahnya. Untuk Anda yang tidak memiliki toko, tentu dengan adanya marketplace sangat membantu. Akan tetapi masih banyak juga orang yang belum melirik platform tersebut, karena masih ragu dan takut. Padahal banyak sekali keuntungan berjualan di marketplace:

1. Daftar & Langsung Berjualan

Yang menarik dari membuka toko di marketplace adalah kemudahannya. Cukup buat akun baru dengan email dan verifikasi data diri melalui KTP serta nomor handphone aktif, selanjutnya Anda bisa langsung berjualan.

2. Tidak Perlu Toko atau Website

Bandingkan dengan toko offline dimana Anda harus menyewa tempat yang biaya sewanya terus merangkak tiap tahun, membuka toko di marketplace jelas jauh lebih hemat. Anda bisa mengaturnya dari rumah, cukup bermodal koneksi internet dan gadget atau laptop. Yang perlu Anda lakukan cukup memiliki produk yang akan dijual.

jual aksesoris hp
Berbagai aksesoris handphone berupa kabel data yang dijual di marketplace.

3. Tidak Perlu Cari Konsumen

Tiap harinya, marketplace dikunjungi oleh jutaan orang. Berdasarkan data iPrice yang dikutip Databoks, pada kuartal ketiga tahun 2019, terdapat 66 juta orang yang mengunjungi marketplace. Data tersebut menunjukkan bahwa aktifitas jual beli online di Indonesia sangatlah besar. Selain itu pengunjung marketplace condong sudah siap belanja atau membeli barang.

4. Keamanan Tinggi

Banyak orang yang takut berbelanja online di marketplace karena adanya kasus kejahatan seperti penipuan misalnya. Itu 10 tahun yang lalu, dan saat ini keamanannya sudah semakin baik. Contohnya terdapat fitur rekening bersama, yang bermanfaat untuk melindungi pihak pembeli jika terdapat transaksi yang bermasalah.

5. Pengelolaan Mudah

Sistem marketplace sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi siapapun yang belum pernah menyentuh bisnis online sekalipun. Setiap bagian seperti daftar produk, pembayaran dan pengiriman sudah terintegrasi rapi. Anda hanya cukup mengupload barang saja di toko.

6. Mudah Pantau Perkembangan Bisnis

Sebagian besar marketplace sudah dibekali dengan fitur insight, dimana Anda dapat memantau jumlah pengunjung, penghasilan, komentar, rating produk dan lainnya. Dengan fitur tersebut, Anda juga bisa mendapatkan informasi penting dan feedback dari pengunjung untuk meningkatkan penjualan.

jual aksesoris hp
Lazada adalah salah satu marketplace yang menyediakan fitur bisnis analisis untuk memantau transaksi.

7. Tidak Bingung Mengirim Barang

Umumnya semua marketplace sudah bekerjasama dengan pihak ekspedisi pengiriman. Anda pun tidak perlu bingung untuk memilih ekspedisi. Bahkan beberapa marketplace memiliki ekspedisi internal yang dapat melakukan pengambilan barang (pickup) ke rumah Anda secara gratis.

8. Promosi Cuma-cuma

Biasanya marketplace akan memberikan referensi produk ke para pengunjung saat mereka melihat produk sejenis. Jika dapat memaksimalkan konten produk dengan baik, maka tentu pengunjung dapat tertarik dengan produk Anda. Bagaimana caranya? Baca selanjutnya di bawah.

Jual Tepat, Keuntungan Berlipat

Setelah memahami berbagai keuntungan untuk jual aksesoris handphone di marketplace, sepertinya mudah sekali untuk mereguk omset dan profit tinggi.

Namun apakah semudah itu?

Tentu tidak.

Dengan semakin mudahnya seseorang merintis bisnis jual aksesoris handphone dengan berjualan di marketplace, maka semakin banyak pula pesaing yang menjual barang dengan kategori sama. Oleh karena itu ada beberapa poin yang perlu diperhatikan jika ingin sukses berjualan, berikut rahasianya:

1. Mengikuti Perkembangan Tren

3 tahun belakangan, perkembangan handphone sangatlah cepat. Hampir setiap bulan terdapat rilis seri baru dari berbagai brand. Aksesoris handphone pun turut mengikuti perkembangan tersebut, dan bisa dibilang tiap bulan produknya berubah-ubah. Bahkan tidak jarang sebuah produk umurnya sangat singkat.

Oleh karena itu Anda sebagai pelaku bisnis harus cermat dalam membaca pasar, dalam hal ini tren yang sedang hangat. Karena jika salah menjual produk yang sudah lewat masanya, tentu susah dijual dan berpotensi menjadi stok mati.

2. Manfaatkan Promo Marketplace

Untuk menjaga pengunjung tetap ramai, setiap marketplace memiliki program promo yang dapat diikuti, termasuk Anda. Dengan mengikuti promo, otomatis produk dan toko Anda lebih banyak dikunjungi dan meningkatkan peluang untuk adanya transaksi.

3. Konten Produk yang Jelas

Karena berjualan online tidak mengenal adanya tatap muka dengan calon pembeli, oleh karena itu Anda harus “menyajikannya” dengan jelas. Terdapat 2 poin yang perlu diperhatikan:

– Foto

Foto adalah hal yang dapat membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Sebisa mungkin gunakan foto sendiri. Selain terlihat berbeda dengan toko lain, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli, dengan anggapan bahwa Anda memang menjual produk yang ditampilkan.

– Deskripsi

Pastikan Anda menjelaskan produk dengan baik, seperti kegunaan, fitur, kelebihan, serta spesifikasi sedetail mungkin. Dengan deskripsi jelas, Anda dapat membantu calon pembeli sehingga mereka bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Misalnya untuk aksesoris handphone seperti charger, Anda dapat menjelaskan jumlah port USB-nya, berikut output tegangan dan lainnya.

jual aksesoris hp
Dengan mengambil foto sendiri dari produk yang dijual, dapat menambah tingkat kepercayaan calon pembeli.

4. Promosi via Medsos

Untuk menambah peluang adanya transaksi, Anda dapat membagikan produk yang dijual di marketplace pada media sosial seperti Facebook atau Instagram. Selanjutnya ketika ada orang yang bertanya mengenai produk, Anda bisa mengarahkan ke toko di marketplace.

Kadang ada yang langsung ingin transaksi, namun ada juga yang nyaman transaksi di marketplace karena lebih aman.

5. Maksimalkan Chat

Karena tidak dapat bertatap muka, maka komunikasi yang dapat dilakukan oleh calon pembeli adalah melalui chatting. Maka dari itu performa chatting menjadi salah satu elemen yang dinilai oleh pihak marketplace. Semakin cepat Anda merespons chatting, maka semakin baik juga poin Anda di sistem marketplace dan juga calon pembeli.

Selain respon cepat, pastikan Anda melayani dengan ramah dan jelas. Ingat, dengan respon yang lambat dan ketus, seorang calon pembeli dapat dengan mudah berpindah toko. Dengan memaksimalkan chat Anda bisa mendapatkan rating toko yang baik, dan hal ini menjadi hal positif bagi toko sehingga lebih dilirik oleh pengunjung.

reseller aksesoris handphone
Rating produk merupakan salah satu hal yang menjadi penilaian calon pembeli sebelum melakukan transaksi.

 

6. Harga Bersaing

Dengan semakin mudahnya berjualan di marketplace, mengartikan jumlah pesaing yang menjual aksesoris handphone juga banyak.

Bisa dibilang harga adalah filter pertama bagi calon pembeli untuk melakukan transaksi, namun tidak mutlak juga karena elemen lain juga dapat menjadi pertimbangan, seperti rating toko, kecepatan membalas chat dan lainnya. Karena calon pembeli cenderung memilih produk dengan harga yang sedikit lebih mahal namun merasa aman dan nyaman dari segi pelayanan.

7. Manfaatkan Tools Penarik Pengunjung

Beberapa marketplace memiliki tools bagi pemilik toko untuk menarik perhatian pengunjung, dan sebaiknya Anda gunakan tools tersebut. Selain memberikan poin tersendiri bagi algoritma marketplace (toko Anda terlihat aktif), pengunjung juga tertarik jika Anda melakukannya dengan tepat.

Tools di sini jenisnya bermacam-macam, ada yang seperti feed Instagram, live video, dan sebagainya. Jika Anda berjualan aksesoris handphone, bisa saja memberikan tips singkat mengenai cara mengecas smartphone dengan baik, penggunaan powerbank yang tepat, dan lainnya.

8. Pilih Distributor Aksesoris Handphone Terpercaya

Dari ketujuh poin di atas, poin terakhir ini justru paling penting karena dapat mempengaruhi jalannya bisnis Anda.

Berjualan di marketplace memang hanya butuh produk, yang dimana produk ini didapatkan dari distributor atau supplier. Jika distributor tidak dapat diandalkan, bisa bayangkan berapa banyak waktu dan keuntungan yang terbuang percuma. Jadi jangan sampai Anda memilih distributor, sehingga menyebabkan bisnis jual aksesoris handphone Anda terbengkalai.

Mirage Indonesia, Distributor Aksesoris Handphone Terpercaya

Mirage Indonesia sebagai distributor aksesoris handphone yang dapat Anda andalkan. Berdiri sejak tahun 2003, kami konsisten menjadi perusahaan distribusi di bidang aksesoris handphone berkualitas. Kami telah dipercaya menjadi partner distribusi lebih dari 2000 toko retail maupun modern store.

jual aksesoris handphone
Mirage Indonesia juga menyediakan aplikasi Android untuk memudahkan dealer atau reseller melakukan kulak barang.

Sebagai distributor resmi, kami memiliki berbagai keunggulan, seperti:
Produk Original. Kami hanya menyediakan produk resmi secara hukum, yang membuat Anda tenang dalam berbisnis.
Info Stok 24 Jam. Anda tidak perlu menunggu untuk mendapatkan info stok, karena bisa mengecek sendiri secara realtime.
Harga Terbaik. Anda dapat bersaing dengan mereka yang punya stok, dan tidak perlu khawatir dengan harga jual yang terlalu mahal.
Promo Menarik. Hanya Mirage Indonesia yang memberikan promo menarik, yang tentunya dapat memperbesar keuntungan Anda.
Aftersales Terjamin. Service Center kami siap membantu proses garansi dengan respon cepat.
Packing Rapi. Kami memiliki standar packing yang rapi dan aman untuk setiap pengiriman.

Melihat berbagai kelebihan di atas, tunggu apa lagi? Harga murah, dengan produk yang berkualitas dan brand ternama, tentunya memberikan solusi cerdas bagi Anda yang masih bingung mencari distributor aksesoris handphone terpercaya dan ingin bisnis jual aksesoris handphone.

Kami melayani penjualan grosir dengan harga terbaik yang membuat Anda bisa mendapatkan profit tinggi. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor WA 0819 3862 2000.

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?
Powered by