strategi word of mouth

Mengenal Strategi Word of Mouth, Promosi Tanpa Biaya

Apa sih yang dimaksud dengan strategi Word of Mouth itu? Dan bagaimana menerapkannya? 

Sebelumnya pernahkah kamu jika ingin membeli sesuatu dan menanyakan rekomendasi sebuah produk ke teman atau keluarga, lalu mereka merekomendasikan sebuah brand dan kemudian kamu memilih produk brand tersebut untuk kamu beli? Nah, strategi itulah yang dinamakan dengan strategi Word of Mouth. 

Strategi ini dapat dibilang cukup efektif karena 92% konsumen lebih mempercayai saran dari keluarga dan teman dari pada iklan. 

Selain cukup efektif, strategi Word of Mouth tidak mengeluarkan biaya sama sekali. 

Baca Juga: Tips Terhindar dari Penipuan dalam Belanja Online, Belanja jadi Aman dan Nyaman

Intinya strategi marketing yang satu ini bertujuan utama untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan dibicarakan oleh orang banyak atau konsumen, namun dalam konteks yang positif. 

strategi word of mouth

Contoh Word of Mouth yang bisa dilakukan oleh konsumen adalah: 

  1. Konsumen menyebut brand kamu dalam unggahan di media sosial 
  2. Memberikan review atau ulasan positif 
  3. Merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain 
  4. Menciptakan pengalaman yang baik kepada orang lain terkait jasa atau produk yang kamu tawarkan 
  5. Mengajak teman dan keluarga untuk mencoba produk atau jasa yang kamu tawarkan 

Manfaat Strategi Word of Mouth

strategi word of mouth

Setelah menjabarkan definisi secara singkat terkait definisi strategi Word of Mouth, berikut manfaat yang akan berdampak pada bisnismu jika menggunakan strategi yang satu ini: 

  • Meningkatkan Popularitas Brand 

Ketika konsumen merekomendasikan atau membicarakan mengenai brand kamu secara positif, maka orang lain yang tidak mengetahui brand kamu akan menjadi tahu dan penasaran dan bahkan melakukan pembelian karena mendapatkan rekomendasi dari orang terdekatnya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan popularitas brand kamu secara gratis. 

  • Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya yang Besar 

Jika konsumen memiliki pengalaman yang positif saat menggunakan jasa atau produk kamu, biasanya mereka langsung membagikan ceritanya entah di media sosial atau orang terdekatnya secara sukarela atau gratis. 

Untuk itu agar strategi ini berhasil, tentunya ciptakan pula produk atau jasa yang dapat memberikan kesan positif terhadap audiens. 

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand 

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, ketika konsumen merasa puas terhadap jasa atau produk dari brand kamu, mereka akan memberikan ulasan yang positif dan menyebar kepada orang lain, sehingga orang lain ikut percaya terhadap jasa dan produk yang kamu kelola. 

  • Dapat Meningkatkan Penjualan 

Ketika produk kamu berhasil dibicarakan banyak orang maka produk atau jasa yang kamu tawarkan akan banyak peminat sehingga dapat meningkatkan penjualan, karena cenderung orang lebih memilih produk yang sudah jelas dan direkomendasikan oleh orang terdekatnya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Cara Meningkatkan Strategi Word of Mouth
strategi word of mouth

  • Buat Produk atau Jasa yang Memiliki Kualitas 

Cara untuk meningkatkan strategi Word of Mouth yang utama adalah pastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan layak untuk dibicarakan oleh orang lain. 

Tidak hanya produk yang dijual, namun pastikan pengalaman konsumen yang berbelanja atau menggunakan jasa kamu merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan. 

  • Meminta Feedback dari Konsumen 

Kamu bisa meminta feedback dari konsumen melalui media sosial, kemudian dari feedback yang kamu dapatkan bisa sebagai bahan evaluasi terkait produk atau jasa kamu. 

Konsumen akan sangat senang jika mereka terlibat dalam perkembangan produk atau jasa yang kamu tawarkan karena mereka merasa didengarkan dan dihargai. 

  • Gunakan User Generated Content (UGC) 

Sudahkah kamu mengenal trik berikut? UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen, pelanggan atau bahkan followers mu dalam review produk atau jasa yang kamu tawarkan, kemudian kamu bisa upload ulang konten yang mereka buat. UGC memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan audiens. 

Strategi Word of Mouth merupakan strategi pemasaran yang cukup ampuh meskipun kamu tidak mengeluarkan biaya sama sekali. 

Nah untuk mendapatkan feedback positif dari konsumen, maka sebagai pebisnis kamu juga harus meningkatkan serta mengembangan kualitas produk dan layanan, sehingga konsumen akan dengan senang hati membicarakan brand atau toko kamu dengan hal positif dan merekomendasikannya ke orang sekitar. 

Jika konsumen sudah membicarakan brand atau toko kamu, itu tandanya pemasaran Word of Mouth yang kamu lakukan berhasil dan setelahnya penjualan juga akan ikut meningkat.

WeCreativez WhatsApp Support
CS kami siap untuk menjawab pertanyaan Anda :)