konten jualan yang menarik

Trik Membuat Konten Jualan yang Menarik

Membuat konten jualan yang menarik saat ini menjadi “pr” bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk-produknya di media sosial. 

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk kamu. 

Untuk dapat meningkatkan penjualan tentunya kamu harus dapat menarik perhatian audiens terlebih dahulu. 

Dengan membuat konten di media sosial yang menarik tentunya audiens akan tertarik dengan akun kamu terlebih dahulu, hal ini dapat meningkatkan jumlah pengikut di media sosial dan brand awareness hingga nantinya dapat meningkatkan penjualan. 

Baca Juga: 3 Tips Membuat Konten Promosi untuk Dropshipper 

Berikut Trik Membuat Konten Jualan yang Menarik 

Setelah mengetahui bahwa membuat konten yang menarik dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnismu, sekarang kita bahas bagaimana cara membuat konten jualan yang menarik untuk produk kamu. 

Namun sebelum menentukan untuk membuat konten seperti apa, kamu harus pahami dulu audiens kamu. 

Kamu harus tahu betul terkait usia, tempat tinggal, minat dari audiens kamu agar konten yang kamu buat dapat tepat sasaran sehingga kamu tidak sia-sia dalam membuat konten. 

  • Membuat Konsep Ide
    membuat konten jualan yang menarik

Langkah pertama dalam membuat konten jualan yang menarik adalah membuat suatu konsep dan menciptakan ide konten tersebut. 

Dalam membuat suatu konsep konten, kamu bisa tulis di buku catatan. Kembangkan tema yang menurutmu menarik dan jangan lupa untuk memasukkan unsur 5W+1H. 

Contoh: 

What (Apa tema yang mau dibahas?) 

Who (Siapa target audiensnya?) 

Why (Kenapa ada masalah seperti yang akan dijabarkan?) 

How (Bagaimana solusinya?) 

Jika semua sudah terjabarkan, kamu bisa mengemasnya dalam sebuah konten video atau gambar yang menarik. 

  • Konsisten
    membuat konten jualan yang menarik

Fokus utama untuk membuat konten di media sosial pastinya adalah meningkatnya penjualan. Namun jangan sampai konten yang kamu buat terlihat terlalu memaksa audiens untuk membeli produk kamu, gunakan soft selling untuk meningkatkan brand awareness terlebih dahulu. 

Agar brand dapat dikenal audiens lakukan upload konten secara konsisten. 

  • Kualitas Gambar dan Video
    membuat konten jualan yang menarik 

Hal utama yang diperhatikan audiens adalah visual yang menarik. Karena ide konsep harus sebanding dengan tampilan visualnya juga. Sehingga kamu harus memastikan kualitas gambar dan videonya dalam pembuatan konten tersebut. Kualitas disini yang dimaksud adalah gambar terlihat jernih dan jelas. 

Selain gambar terlihat jelas, informasi yang disampaikan juga harus sesuai dengan gambar visualnya. 

Jika konten memuat informasi produk, maka detail dari produk tersebut harus dapat tersampaikan dengan benar seperti warna produk dan ukuran harus terlihat baik dan sesuai. 

  • Membuat Konten yang Dapat Meningkatkan Interaksi dengan Audiens
    membuat konten jualan yang menarik

Interaksi merupakan salah satu strategi digital marketing di Media Sosial. Pastikan dalam menjalankan promosi ke Media Sosial kamu menciptakan interaksi dua arah dengan audiens. Bisa dengan bertanya mengenai pendapat dari mereka tentang apapun, setelah mendapatkan pendapat dari audiens jangan lupa untuk menanggapi pendapat tersebut, hal ini membuat audiens merasa didengarkan. Hal tersebut juga dapat menaikkan engagement rate.  

  • Mengadakan Giveaway
    membuat konten jualan yang menarik

Membuat konten giveaway dapat membangun awareness, engagement hingga meningkatkan followers

Kamu bisa membuat syarat dan ketentuan kepada followers kamu mengenai giveaway yang sedang kamu adakan. 

Syarat dapat berupa komen jika kamu ingin meningkatkan interaksi atau bisa juga meminta untuk mengikuti akun kamu agar followers di akun kamu meningkat. 

Hadiah giveaway juga dapat bermacam-macam bisa dengan produk yang kamu tawarkan, setelahnya pemenang dari giveaway tersebut bisa kamu minta untuk membuat review produk, sehingga kamu akan mendapatkan konten dari pemenang giveaway tersebut. 

  • Tips dan Trik
    membuat konten jualan yang menarik

Membuat konten jualan yang menarik selanjutnya bisa dengan berbagi tips dan trik terkait produk yang kamu jualkan.  

Misalnya tips bagaimana merawat produk atau hal lainnya yang perlu diketahui oleh calon pembeli dan pelanggan. 

  • Tutorial
    membuat konten jualan yang menarik

Selain tips dan trik, konten yang bisa kamu buat selanjutnya adalah konten tutorial. Kamu dapat membuat video pendek cara menggunakan produk yang kamu jualkan dengan runtut, jelas dan benar. 

Konten yang satu ini sering kali dibuat oleh creator di media sosial, karena pastinya pembeli terbantu akan konten tutorial yang kamu bagikan di media sosial, sehingga mereka tidak perlu repot bertanya-tanya jadi cukup melihat videonya saja. 

Nah di atas merupakan 7 trik membuat konten jualan yang menarik yang bisa kamu coba nih Mirage Partner. Semoga artikel ini bermanfaat, ya 

Buka chat
1
Chat Yuk!
Halo, ada yang bisa dibantu?